Cara streaming di OBS Studio for dummies!

0
        Pernahkah anda menonton livestreaming dari sebuah acara game besar seperti League of Legends, Counter-Strike: Global Offensive, dan Defense of The Ancient 2 ? . Jika iya, software apa yang kira-kira mereka gunakan untuk menampilkan layar game di acara tersebut?

Kali ini saya sebagai Penulis baru di dalam website www.rojoinferno.com ini, akan memberikan sebuah guide untuk kalian yang ingin memulai livestreaming. Sebelum itu, software yang terbaik untuk melakukan livestreaming dalam OS Windows yaitu Open Broadcaster Software (OBS). Ada beberapa website yang kalian bisa gunakan untuk memulai livestreaming tersebut.

Sebelum bisa melakukan livestreaming di website yang kamu inginkan, kamu harus memberikan sebuah “kunci” di software OBS. “Kunci” tersebut bisa sangat bervariasi bentuknya tergantung dari setiap website yang kalian inginkan, tapi dalam hal ini saya akan mengambil contoh untuk website yang sangat mainstream yaitu www.twitch.tv.

Download OBS di https://obsproject.com. Download sesuai tipe OS Komputer/laptop anda. 

Ikuti proses instalasi sesuai gambar maka seharusnya proses instalasi berjalan lancar.

Cara mengambil stream key di website www.twitch.tv.

  1. Login ke akun anda di twitch.tv 
  2. Klik ke avatar anda yang ada di atas kanan.
  3. Klik dashboard.
  4. Dalam menu, lihat sebelah kiri lalu klik channel.
  5. Click the stream key button. Klik tombol stream key.
  6. Click show stream key. Klik show stream key lalu copy text.
Cara memasukan stream key di OBS.
  1. Klik settings utama.
  2. Pilih stream tab di dalam menu.
  3. Paste stream key di dalam label “Stream key”.
  4.  Klik apply.


OBS sekarang sudah terpaut ke akun twitch anda dan setiap anda tekan tombol Start streaming. Jika suatu saat anda melakukan kesalahan dan menyebarkan “kunci” ke internet, anda bisa mereset ulang “kunci” tersebut di website yang sama dengan cara mengambil stream key.






Comment Now

0 comments